Portal Informasi Kota Metro
 KOTA METRO Lampung termasuk diantara sejumlah kota diseluruh penjuru negeri yang meraih penghargaan Adipura karena berhasil menjaga keamanan, kenyamanan, kebersihan, kelestarian dan keserasian lingkungan. Penghargaan yang diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu, tentu sangat terkait dengan sukses kepemimpinan walikotanya.

Walikota yang berhasil menciptakan keserasian dan keindahan lingkungan kota patut diacungi jempol. Kenapa begitu? pasalnya penghargaan Adipura bukan sembarang hadiah.
Agenda Kota Metro
  • Selasa 23 Sep 2014 / 00:00
    • Pembukaan Sosialisasi Pembi...Moore

dinas pekerjaam umum dan perumahan

Diposting oleh , Tanggal 12-04-2012 dan waktu 10:46:35 dan Telah dibaca Sebanyak 3683 Kali

 dinas pu

Amalat Kantor : Jl. ZA Pagar Alam No.09 Kota Metro Telp.0725-46025 

 

GAMBARAN PELAYANAN DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN KOTA METRO

 

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kota Metro merupakan Dinas Daerah yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2010 tentang perubahan atas Peraturan Daerah Kota Metro Nomor 7 Tahun 2008 tentang Pembentukan, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah. Dinas Pekerjaan Umum Kota Metro dan Perumahan adalah unsur pelaksana teknis yang berada dibawah Pemerintah Daerah Kota Metro dan bertanggung jawab langsung kepada Walikota Metro. Sebagai salah satu lembaga teknis daerah dan memiliki tanggung jawab membantu Kepala Daerah dalam melaksanakan kewenangan dibidang pekerjaan umum dan penata laksanaan perumahan sebagai pemenuhan kebutuhan sarana prasarana infrastruktur Kota Metro.  Dalam pelaksanaan tugas, pokok dan fungsinya tersebut Dinas Pekerjaan Umum Kota Metro dan perumahan senantiasa menghadapi tantangan akan peningkatan kebutuhan sarana prasarana infrastruktur Kota Metro sejalan dengan perkembangan kota.  Pembangunan infrastruktur Kota Metro tetap memperhatikan dan mempedomani visi dan misi Kota untuk menciptakan keseimbangan kota dengan memperhatikan kelestarian sumber daya alam dan mutu lingkungan hidup menuju pembangunan yang berkelanjutan dengan kualitas dan kuantitas sarana prasarana infrastruktur sesuai kebutuhan daerah. 
 
Tugas, Fungsi dan Struktur Organisasi SKPD
 
Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Metro Nomor 12 Tahun 2010 tentang Perubahan  Atas Peraturan Daerah Kota Metro Nomor 7 Tahun 2008 tentang Pembentukan  Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kota Metro. 
 
2.1.1.  Tugas pokok Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kota Metro
 
Berdasarkan Peraturan Walikota Metro No. 39 Th. 2010 tentang Penjabaran Tugas Pokok dan Fungsi  Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kota Metro adalah  melaksanakan sebagian urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan bidang Pekerjaan Umum dan Pemukiman.  
 
 2.1.2. Fungsi Dinas Pekerjaan Umum Kota Metro dan Perumahan 
  
Dinas Pekerjaan Umum mempunyai tugas pokok : melaksanakan sebagian urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan.
Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Dinas Pekerjaan Umum mempunyai fungsi : 
  1. Perumusan kebijakan Perencanaan, Pembinaan dan Bimbingan serta perizinan sesuai dengan kebijaksanaan yang ditetapkan oleh Kepala Daerah / Walikota;
  2. Penyelenggaraan perencanaan pengawasan dan pengendalian teknis di bidang di bidang Bina Marga, Cipta Karya, Pengairan, Perumahan dan penyehatan lingkungan sesuai peraturan / ketentuan yang berlaku;
  3. Penyelenggaraan Tata Usaha Dinas sesuai dengan kebijaksanaan yang ditetapkan oleh Kepala Daerah / Walikota;
  4. Penyelenggaraan dan mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan di bidang Perencanaa, Bina Marga, Cipta Karya, Pengairan serta Perumahan dan Penyehatan Lingkungan untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan laporan;
  5. Penyelenggaraan pembinaan, pengawasan, pengelolaan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengairan dan air minum.

Struktur Organisasi Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kota Metro

Dalam melaksanakan tugas sehari-hari Dinas Pekerjaan Umum Kota Metro dipimpin oleh seorang Kepala Dinas dengan dibantu oleh 1 (satu) orang Sekretaris dan 4 (empat) Kepala Bidang Teknis. Bidang teknis yang ada di Dinas Pekerjaan Umum Kota Metro adalah Bidang Bina Marga yang mempunyai tugas pokok melaksanakan pembangunan jalan jembatan, pemeliharaan jalan jembatan, serta peralatan dan perbengkelan. Bidang Cipta Karya yang mempunyai tugas melaksanakan pembangunan, perbaikan dan rehabilitasi gedung, menyiapkan sarana pemenuhan kebutuhan prasarana perumahan dan pemukiman, serta perbaikan dan rehabilitasi penyehatan lingkungan pemukiman. Bidang Perumahan mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan dan pengembangan perumahan, pemanfaatan ruang perumahan. Bidang Pengairan yang mempunyai tugas pokok melaksanakan pembangunan dan peningkatan jaringan irigasi baru, operasional dan pemeliharaan jaringan irigasi, serta pembinaan dan penyuluhan di bidang pengairan.

Berdasarkan struktur organisasi, Sekretariat Dinas Pekerjaan Umum membawahi 3 (tiga) Sub Bagian yaitu Sub Bagian Umum dan Bagian Kepegawaian, dan Sub Bagian Keuangan dan Sub Bagian Perencanaan. Bidang Bina Marga membawahi 3 (tiga) Seksi, yang terdiri dari Seksi Pembangunan, Seksi Pemeliharaan, dan Seksi Peralatan dan Perbengkelan. Bidang Cipta Karya membawahi 3 (tiga) Seksi, yang terdiri dari Seksi Gedung dan Bangunan, Seksi Peningkatan Sarana dan Prasarana dan Seksi  Pemeliharaan Sarana dan Prasarana. Bidang Pengairan membawahi 3 (tiga) Seksi, yang terdiri dari Seksi Pembangunan dan Peningkatan, Seksi Operasional dan Pemeliharaan, dan Seksi Bina Penyuluhan dan Kelembagaan. Bidang Perumahan membawahi 3 (tiga) Seksi yang terdiri dari Seksi Pengembangan Air Bersih, Seksi Penataan Bangunan dan Perumahan, Seksi Drainase dan Sanitasi.

Sekretariat

Sekretariat mempunyai tugas pokok : melaksanakan administrasi kepegawaian, keuangan, dan umum serta koordinasi pelaksanaan tugas-tugas Bidang. Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Sekretariat menyelenggarakan fungsi : 

  1. Pengumpulan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis mengenai pembinaan di bidang  Perencanaan, Administrasi Keuangan dan Administrasi Umum dan Kepegawaian;
  2. Penginventarisasian permasalahan yang berhubungan dengan penyelenggaraan pembinaan di bidang Perencanaan, Administrasi Keuangan dan Administrasi Umum dan Kepegawaian;
  3. Pengumpulan bahan dan penganalisaan data serta memberikan pertimbangan dalam rangka pembinaan di bidang administrasi Perencanaan, Administrasi Keuangan dan Administrasi Umum dan Kepegawaian;
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Perencanaan

Sub Bagian Perencanaan mempunyai tugas pokok : mengumpulkan, menyimpan data, menyusun, menyiapkan, mengendalikan perencanaan program, monitoring, evaluasi dan pelaporan.

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Sub Bagian Perencanaan mempunyai fungsi :

  1. Mengendalikan, menyusun, rencana program dan anggaran serta pengusulan program;
  2. Menyelenggarakan koordinasi program antar instansi terkait dan pembahasan program dinas yang bersifat rutin;
  3. Melaksanaan tugas lain yang diberikan atasan.

Sub Bagian Keuangan

Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas pokok, melaksanakan Kegiatan Administrasi, Keuangan, dengan penjabaran tugas sebagai berikut:

  1. Menyusun Rencana Anggaran dan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Dinas;
  2. Mengelola administrasi keuangan yang meliputi pembukuan, pertanggungjawaban dan laporan keuangan;
  3. Menginventarisasi dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan anggaran dan administrasi keuangan sebagai bahan masukan kepada atasan;
  4. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan dan petunjuk teknis keuangan sebagai pedoman landasan kerja;  

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas : Melaksanakan kegiatan Administrasi kepegawaian, dengan penjabaran sebagai berikut:

  1. Mengerjakan surat menyurat, Mengagendakan surat keluar; masuk, menggandakan surat Mengekspedisikan surat dan mengarsipkan surat;
  2. Melaksanakan Urusan Rumah Tangga Dinas meliputi Pemeliharaan Kantor Pengelolaan Perlengkapan Peralatan Kantor, Kebersihan Kantor, Keamanan Kantor dan Rumah Dinas;
  3. Mengelola Administrasi Perlengkapan Kantor/Dinas, Pengadaan barang/bahan, penyimpanan dan pendistribusian serta mencatat dan menginventarisasi barang-barang milik Dinas serta pelaporan;
  4. Menghimpun peraturan perundang-undangan guna kepustakaan Dinas yang berhubungan dengan penyelenggaraan urusan kepegawaian;
  5. Melaksanakan pengelolaan Administrasi kepegawaian yang meliputi Urusan Kenaikan Pangkat, Mutasi, Pemberhentian Pegawai, Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) dan menyusun Daftar Urutan     Kepangkatan (DUK), Organisasi dan Tatalaksana;
  6. Membuat Absen Pegawai, Surat Perintah Tugas dan Surat Perjalan Dinas;
  7. Memberi tugas atau kegiatan kepada para bawahannya dengan memberikan arahan atau petunjuk baik secara lisan ataupun tertulis sesuai dengan bidang tugasnya;
  8. Menginventarisasi dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan urusan kepegawaian sebagai bahan masukan kepada atasan.
  9. Memeriksa berkas permohonan dan memberikan rekomendasi penerbitan Surat Ijin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK);

Bidang Bina Marga

Bidang Bina Marga mempunyai tugas pokok, melaksanakan pembangunan jalan jembatan, pemeliharaan jalan dan jembatan serta pengelolaan peralatan, dan perbengkelan.

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Bidang Bina Marga mempunyai fungsi :

  1. Penyelengaraan pembengunan, peningkatan, pembinaan dan bimbingan teknis Jalan dan Jembatan beserta utilitasnya dan penetapan status dan fungsi jalan, pengumpulan data serta pelaporan di bidang pembangunan Bina Marga;
  2. Penyelenggaraan pemeliharaan, pembinaan dan bimbingan teknis kegiatan pemeliharaan jalan jembatan, pengendalian dan menginventarisasikan serta perijinan pembangunan jalan dan jembatan;
  3. Pengelolaan peralatan dan perbengkelan

Seksi Pembangunan

Seksi Pembangunan mempunyai tugas pokok, melaksanakan program pembangunan jalan dan jembatan, dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Melaksanakan kegiatan perencanaan dan pembangunan jalan jembatan;
  2. Melakukan pengawasan dan pengendalian dalam kegiatan pembangunan  peningkatan jalan dan jembatan;
  3. Melaksanakan pembinaan dan bimbingan teknis dalam kegiatan pembangunan jalan jembatan yang baru/lama;
  4. Melaksanakan pengendalian dan pengawasan serta pembangunan sarana dan prasarana jalan serta menetapkan status dan fungsi jalan;

Seksi Pemeliharaan

Seksi Pemeliharaan mempunyai tugas pokok, melaksanakan program pemeliharaan jalan dan jembatan, dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Melaksanakan kegiatan perencanaan , pelaksanaan pemeliharaan jalan dan jembatan;
  2. Melaksanaan pengendalian dalam kegiatan pemeliharaan jalan dan jembatan;
  3. Melaksanakan pembinaan dan bimbingan teknis dalam  kegiatan pemeliharaan jalan dan jembatan.

Seksi Peralatan dan Perbengkelan

Seksi Peralatan dan Perbengkelan mempunyai tugas pokok, melaksanakan urusan peralatan guna mendukung pelaksanaan kegiatan pekerjaan Bina Marga, dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Melaksanakan Tata Usaha Administrasi Sewa Peralatan, Penghapusan dan menginventarisasi peralatan;
  2. Menyusun Program rencana kebutuhan perawatan dan pengadaan peralatan;
  3. Melaksanakan pembinaan dan bimbingan penggunaan peralatan dan penyimpanan/pengamanan dalam gudang;
  4. Mengadakan pemeliharaan peralatan, perbaikan/ perbengkalan serta pengadaan keperluan suku cadang;
Bidang Cipta Karya

Bidang Cipta Karya mempunyai tugas pokok, melaksanakan pembangunan, perbaikan dan rehabilitasi gedung, menyiapkan sarana pemenuhan kebutuhan prasarana pemukiman serta pemeliharaanya.

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Bidang Cipta Karya mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan sarana permukiman penataan Gedung Negara dan rumah Dinas serta fasilitas sosial, umum dan bangunan lainnya;
  2. Pemenuhan kebutuhan prasarana permukiman berupa jalan lingkungan;
  3. Perbaikan/rehabilitasi sarana permukiman berupa jalan lingkungan;
Seksi Gedung dan Bangunan

Seksi Gedung dan Bangunan mempunyai tugas melaksanakan pembangunan, peningkatan san pemeliharaan gedung dan bangunan Negara dan rumah dinas serta fasilitas sosial maupun fasilitas umum, dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Melaksanakan perencanaan pembangunan gedung dan rumah dinas serta bangunan lainnya;
  2. Mengesahkan penataan  bangunan gedung pemerintah dan nono pemerintah serta lingkungannya;
  3. Melaksanakan pendaftaran dan pembuatan leger gedung;
  4. Menyelenggarakan sosialisasi dan pengendalian keselamatan gedung, dan peraturan gedung;
  5. Menyimpan data dan gambar prototype bangunan dan rumah dinas;
  6. Mengadakan bantuan teknis di bidang pembangunan gedung dan bangunan kepada instansi terkait;
  7. Mengumpulkan data dan pelaporan pelaksanaan pembangunan;
  8. Melaksanakan pengelolaan, penataan dan  bangunan gedung dan rumah dinas serta fasilitas social maupun umum;
  9. Menyusun analisa harga satuan komponen gedung dan harga satuan tertinggi gedung dan pagar;

Seksi Peningkatan Sarana dan Prasarana

Seksi Peningkatan Sarana dan Prasarana mempunyai tugas : Melaksanakan Pengelolaan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Jalan Lingkungan, drainase Jalan lingkungan dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan inventarisasi program kebutuhan sarana dan prasarana lingkungan perumahan dan pemukiman;
  2. Mengadakan perhitungan standarisasi teknis sarana dan prasarana lingkungan baik biaya maupun desain prototypenya;
  3. Melaksanakan perencanaan, pengawasan dan pembangunan sarana dan prasarana lingkungan;
  4. Melaksanakan pengaturan, pembinaan dan pengendalian teknis dalam pembangunan;
  5. Mengadakan pemantauan dan evaluasi kondisi perekembangan sarana dan prasarana dasar lingkungan perumahan dan pemukiman;
  6. Membuat petunjuk pelaksanaan dalam pembangunan perumahan dan prasarana lingkungannya.

Seksi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana

Seksi Pemeliharaan sarana mempunyai tugas pokok melaksanakan pemeliharaan sarana dan prasarana jalan lingkungan dan lainnya dengan penjabaran tugas pokok sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan inventarisasi sarana dan prasarana permukiman yang handal di lingkungan;
  2. Melakukan pemeliharaan dan perbaikan sarana dan prasarana perumahan;
  3. Melaksanakan pengendalian pemeliharaan sarana dan prasarana pemukiman;
  4. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.

Bidang Pengairan

Bidang Pengairan mempunyai tugas pokok, melaksanakan pembangunan dan peningkatan jaringan irigasi, operasional dan pemeliharaan jaringan irigasi, sungai dan anak sungai, pembinaan, pengawasan, perizinan dan penyuluhan di Bidang Pengairan.

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Bidang Pengairan mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan program kerja untuk peningkatan dan pembangunan jaringan irigasi baru;
  2. Perencanaan pelaksanaan operasional dan pemeliharaan jaringan irigasi sungai dan anak sungai;
  3. Melaksanakan pembinaan dan penyuluhan di bidang pengairan;

Seksi Pembangunan dan Peningkatan

Seksi Pembanguan dan peningkatan mempunyai tugas : melaksanakan peningkatan jaringan irigasi sungai dan anak sungai dan pembangunan jaringan irigasi baru, dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Membuat program kerja, perencanaann pelaksanaan dan pengawasan pembangunan fisik sarana dan prasarana;
  2. Menanggulangi banjir;
  3. Melaksanakan peningkatan pengembangan irigasi baru  dan sungai serta anak sungai;
  4. Melaksanakan tugas yang diberikan atasan untuk melancaran pelaksanaan tugas di bidang peningkatan dan pembangunan jaringan irigasi;
Seksi Operasional dan Pemeliharaan

Seksi Operasional dan Pemeliharaan mempunyai tugas, melaksanakan operasional pemeliharaan jaringan irigasi, dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Membuat perencanaan teknis operasional tentang irigasi dan rencana pola tanam detail (RPTD);
  2. Menyusun program bulanan dan tahunan operasional dan pemeliharaan jaringan irigasi;
  3. Melaksanakan bimbingan teknis pengairan;
  4. Melakukan pengawasan, pengendalian operasional pemeliharaan jaringan irigasi;
  5. Melakukan rehabilitasi pemeliharaan pengumpulan data dan pelaporan;
  6. Menyusunan perencanaan teknis pembangunan irigasi, pengawasan, pembinaan operasional dan pemeliharaan jaringan irigasi.
Seksi Bina Kelembagaan dan Penyuluhan

Seksi Bina Kelembagaan dan Penyuluhan mempunyai tugas, melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian P3A, perizinan dan penyuluhan di bidang pengairan, dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Melakukan pengelolaan perizinan pengawasan air dan sumber air serta rekomendasi perizinan penambangan bahan galian golongan C pada air sungai;
  2. Melaksanakan  Pembinaan latihan dan penyuluhan pengairan dan pemantauan evaluasi pemenfaatan serta dampak pembangunan pengairan;
  3. Melaksanakan Pengembangan dan Pemeliharaan sumber daya air;
  4. Melaksanakan pembinaan secara rutin atau berkala kepada P3A.

2.1.3.5.   Bidang Perumahan

Bidang Perumahan mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan dan pengembangan perumahan, pemanfaatan ruang perumahan.

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, bidang perumahan mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan bahan kebijakan teknsi di bidang perumahan;
  2. Penyelenggaraan, pelaksanaan, dan perencanaan pengawasan di bidang perumahan;
  3. Pelaksanaan pengaturan, pengendalian dan pengawasan terhadap penataan dan pengawasan pembangunan fasilitas umum dan sosial;
  4. Perencaan pengadaan dan mengawasi kondisi lingkungan pemukiman;
  5. Perencanaan perbaikan sanitasi dan drainase pemukiman dan kawasan kumuh serta tempat kawasan strategis lainnya;
  6. Pemrosesan pemberian rekomendasi penerbitan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) bidang perumahan;
  7. Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
Seksi Pengembangan Air Bersih

Seksi Pengembangan Air Bersih mempunyai tugas melaksanakan pembangunan, pengembangan pengelolaan pemenuhan sarana dan prasarana perencanaan teknis, pengawasan dan bantuan teknis pengembangan air bersih, dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Menyusun bahan kebijakan teknis pembangunan, pengembangan pengelolaan pemenuhan sarana dan prasarana perencanaan teknis, pengawasan dan bantuan teknis pengembangan air bersih;
  2. Menyelenggarakan penelitian dan penertiban sumber air bersih yang layak bagi masyarakat;
  3. Memenuhi sarana dan prasarana air bersih pada kawasan pemukiman;
  4. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai tugas.
Seksi Penataan Bangunan dan Perumahan

Seksi Penataan Bangunan  Perumahan mempunyai tugas, melaksanakan penataan dan pengendalian pemanfaatan ruang pemukiman, dengan penjabaran sebagai berikut :

  1. Menyusun bahan kebijakan teknis penataan dan pengendalian pemanfaatan ruang pemukiman;
  2. Melaksanakan pengaturan, pembinaan dan pengendalian teknis dalam penataan ruang untuk area perumahan dan perumahan lainnya;
  3. Melakukan pengendalian, pemanfaatan rencana ruang khususnya perumahan;
  4. Melaksanakan penyediaan dan pengembangan kawasan siap bangun (kasiba) dan lingkungan siap bangun (lisiba);
  5. Melaksanakan pelayanan rekomendasi penerbitan Surat Izin Pemondokan;
  6. Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan atasan sesuai tugas.
Seksi Drainase dan Sanitasi

Seksi drainase dan sanitasi mempunyai tugas melaksanakan perencanaan teknis, pengaturan dan bantuan teknis bangunan, pengendalian pembangunan  prasarana dan sarana drainase dan sanitasi serta memantau kondisi perkembangan sarana / prasarana teknis sanitasi lingkungan, dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Menyusun bahan kebijakan teknis perencanaan, pengaturan dan bantuan teknis bangunan, pengendalian pembangunan prasarana dan sarana drainase dan sanitasi serta memantau kondisi perkembangan sarana / prasarana teknis sanitasi lingkungan;
  2. Melaksanakan pengendalian banjir di perumahan;
  3. Melaksanakan pengesahan rencana teknik prasarana persampahan dan sarana drainase air buangan,  dan penyaluran air hujan serta sanitasi perumahan dan pemukiman;
  4. Merencanakan prototipe bangunan drainase dan sanitasi perumahan, pemukiman dan kawasan perumahan;
  5. Melaksanakan pembangunan, monitoring, evaluasi dan pelaporan bidang drainase dan sanitasi.
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai tugas.
Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengairan

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengairan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Dinas Pekerjaan Umum Kota Metro di bidang pengairan meliputi kegiatan operasional pengaturan pemanfaatan air irigasi di 22 (dua puluh dua) Kelurahan dalam 5 (lima) Kecamatan di Kota Metro. 

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Unit Pelaksana Teknis (UPT)  Pengairan menyelenggarakan  fungsi :

  1. Pengelolaan Administrasi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengairan;
  2. Pengendalian pelaksanaan operasional jaringan irigasi, dan pelaksana teknis pemanfaatan air irigasi pada Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).

Sub Bagian Tata Usaha

Sub Bagian Tata Usaha mempunyai tugas, melaksanakan pelayanan administrasi, surat menyurat, inventarisasi peralatan kantor, dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Melaksanakan pelayanan administrasi kepegawaian yang meliputi usulan kenaikan pangkat, mutasi, pemberhentian pegawai, membuat absensi dan penyusunan daftar urut kepangkatan (DUK);
  2. Melaksanakan urusan surat menyurat, mengagendakan surat keluar/masuk dan mengarsipkan surat;
  3. Melaksanakan urusan rumah tangga UPT Pengairan meliputi pemeliharaan dan perlengkapan peralatan kantor, kebersihan dan keamanan kantor serta menginventarisasi barang-barang milik Negara di UPT Pengairan;
  4. Menginventarisasi, mengevaluasi dan melaporkan permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan pelaksanaan operasional di lapangan;
Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Air Minum

Unit Pelaksana Teknis (UPT)  Air Minum mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian Dinas Pekerjaan Umum Kota Metro dibidang Pengelolaan air minum dilingkungan Pemerintah Kota Metro. Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Unit Pelaksana Teknis (UPT)  Air Minum menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyusunan program kerja dalam rangka pengembangan dan peningkatan pelayanan umum kepada masyarakat ;
  2. Pengaturan mekanisme dan prosedur kerja dalam rangka memperlancar dalam pengadaan air minum/air bersih yang memenuhi syarat-syarat kesehatan ;
  3. Pelaksanaan perbaikan, operasi pengolahan, pemeliharaan sumber dan fasilitas transmisi/distribusi dan menyetujui pemasangan penutupan sambungan air kelangganan ;
  4. Koordinasi dan pengendalian semua kegiatan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Air Minum; 
Sub Bagian Tata Usaha

Sub Bagian Tata Usaha mempunyai tugas melaksanakan pelayanan teknis administrasi, (UPT) Air Minum dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Melaksanakan koordinasi dalam penyusunan perencanaan program kerja ;
  2. Mengelola urusan surat menyurat, mengagendakan surat keluar/masuk dan mengarsipkan surat ;
  3. Melaksanakan pelayanan administrasi kepegawaian yang meliputi usulan kenaikan pangkat, mutasi, pemberhentian pegawai, membuat absensi dan membuat daftar urut kepangkatan (DUK) ;
  4. Melaksanakan urusan rumah tangga UPT  Air Minum meliputi pemeliharaan dan perlengkapan peralatan kantor, kebersihan dan keamanan kantor serta mengiventarisasi barang-barang milik Negara Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Air Minum ;
  5. Menginvestasikan, mengevaluasi dan melaporkan permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan pelaksanaan dilapangan.
Sumber Daya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kota Metro

Sumber daya manusia yang mendukung operasional Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pelaksanaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Kota Metro yang terdiri dari tenaga teknis yang mengerjakan pekerjaan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pemeliharaan infrastruktur  di Kota Metro sedangkan non teknis dalam melaksanakan pekerjaan administrasi untuk kelancaran pekerjaan di  Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kota Metro.

Di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kota Metro terdapat  24 jabatan struktural terdiri dari :

  1. Jabatan struktural eselon II  sebanyak  1  orang
  2. Jabatan struktural eselon III sebanyak  5  orang
  3. Jabatan struktural eselon IV sebanyak 18 orang
Sedangkan staf teknis dan non teknis sebanyak 101 orang, sehingga jumlah seluruhnya baik pejabat struktural maupun staf sampai dengan saat  ini sebanyak 122 orang, jumlah tersebut belum seimbang dengan jumlah obyek pelaksanaan pekerjaan maupun kompleksitas permasalahan yang harus ditangani. 

Seksi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana

Seksi Pemeliharaan sarana mempunyai tugas pokok melaksanakan pemeliharaan sarana dan prasarana jalan lingkungan dan lainnya dengan penjabaran tugas pokok sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan inventarisasi sarana dan prasarana permukiman yang handal di lingkungan;
  2. Melakukan pemeliharaan dan perbaikan sarana dan prasarana perumahan;
  3. Melaksanakan pengendalian pemeliharaan sarana dan prasarana pemukiman;
  4. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.

Bidang Pengairan

Bidang Pengairan mempunyai tugas pokok, melaksanakan pembangunan dan peningkatan jaringan irigasi, operasional dan pemeliharaan jaringan irigasi, sungai dan anak sungai, pembinaan, pengawasan, perizinan dan penyuluhan di Bidang Pengairan.

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Bidang Pengairan mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan program kerja untuk peningkatan dan pembangunan jaringan irigasi baru;
  2. Perencanaan pelaksanaan operasional dan pemeliharaan jaringan irigasi sungai dan anak sungai;
  3. Melaksanakan pembinaan dan penyuluhan di bidang pengairan;

Seksi Pembanguan dan peningkatan mempunyai tugas : melaksanakan peningkatan jaringan irigasi sungai dan anak sungai dan pembangunan jaringan irigasi baru, dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Membuat program kerja, perencanaann pelaksanaan dan pengawasan pembangunan fisik sarana dan prasarana;
  2. Menanggulangi banjir;
  3. Melaksanakan peningkatan pengembangan irigasi baru  dan sungai serta anak sungai;
  4. Melaksanakan tugas yang diberikan atasan untuk melancaran pelaksanaan tugas di bidang peningkatan dan pembangunan jaringan irigasi;


Tabel 2.1

Latar Belakang Pendidikan Pegawai Dinas PU. Dan Perumahan

Kota Metro Tahun 2011

No.

Tingkat Pendidikan

Jumlah Pegawai

1.

Strata Dua (S.2)

6

orang

2.

Strata Satu (S.1)

43

orang

3.

Diploma Tiga (D.3)

13

orang

4.

Sekolah Menengah Umum (SMU)

42

orang

5.

Sekolah Menengah Pertama (SMP)

7

orang

6.

Sekolah Dasar (SD)

11

orang

 

TOTAL PEGAWAI

122

orang

 

Tabel 2.2

Pangkat dan Golongan Pegawai Dinas PU. dan Perumahan

Kota Metro   Tahun  2011

 

No. 

Pangkat / Golongan

Jumlah

1.

Pembina Utama Muda  (IV/c )

1

orang

2.

Pembina Utama ( IV/b )

2

orang

3.

Pembina ( IV/a )

5

orang

4.

 Penata Tk.I  ( III/d )

12

orang

5.

Penata  ( III/c )

4

orang

6.

Penata Muda Tk.I  ( III/b )

20

orang

7.

Penata Muda ( III/a )

31

orang

8.

Pengatur Tk.I ( II/d )

7

orang

9.

Pengatur ( II/c )

12

orang

10.

Pengatur Muda Tk.I ( II/b )

9

orang

11.

Pengatur Muda ( II/a )

17

orang

12.

 Juru Tk.I (II/d)

1

orang

13.

Juru ( I/c )

1

orang

 

TOTAL PEGAWAI

122

orang

 


Kinerja Pelayanan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kota Metro.

Beberapa komponen yang saling berkaitan dalam pelaksanaan kinerja pelayanan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kota Metro antara lain :
 
Sistem dan Prosedur.

Komponen inti berkaitan dengan sistem dan prosedur-prosedur baku yang dibentuk baik secara internal untuk mendukung pengelolaan pelayanan yang efektif dan efisien, untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat dan  rekanan/pihak ketiga pengguna pelayanan. Maupun Sistem dan prosedur baku eksternal antara lain : Standar pelayanan yang meliputi unsur-unsur prosedur pelayanan, waktu pelayanan, mutu pelayanan dan mekanisme pengaduan keluhan.

Sumber Daya Manusia Pelayanan.

Kinerja Pelayanan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kota Metro  berkaitan dengan profesionalisme pegawai, yang meliputi :

  1. Sikap dan perilaku, ketrampilan, kepekaan, dan kedisiplinan.
  2. Sikap dan perilaku pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan rekanan pihak ketiga.
  3. Kedisiplinan pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan rekanan/pihak ketiga.
  4. Tingkat kepekaan/respon pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan rekanan/pihak ketiga
  5. Tingkat ketrampilan pegawai dalam memberikan pelayanan kepada dan rekanan/pihak ketiga
  6. Kebijakan pengembangan pegawai dalam rangka peningkatan ketrampilan/ profesionalisme pegawai dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan kepada dan rekanan/pihak ketiga
Sarana dan Prasarana.

Komponen ini berkaitan dengan Optimalisasi sarana yang digunakan untuk proses pelayanan kepada masyarakat maupun Rekanan/Pihak ketiga.

Tantangan dan Peluang Pengembangan Pelayanan Dinas Pekerjaan   Umum dan Perumahan Kota Metro

Tantangan yang dihadapi oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kota Metro dalam rangka pelayanan pelaksanaan  pembangunan, pemeliharaan, perbaikan sarana dan prasarana  dibidang pekerjaan umum meliputi :  
Faktor internal antara lain :
  1. Persepsi terhadap proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pelaporan yang masih belum sama dan merata diantara staf.
  2. Job discribtion yang belum dilaksanakan secara penuh oleh staf karena kurangnya pemahaman staf
  3. Pengaturan dan penyimpanan hasil perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pelaporan masih belum terpola.
Faktor eksternal antara lain :
  1. Usulan-usulan pembangunan infrastruktur oleh masyarakat tidak semua dapat diakomodir oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kota Metro dikarenakan keterbatasan dana yang ada.
  2. Bagaimana agar Pembangunan Infrastruktur di Kota Metro dilakukan tanpa mengakibatkan degradasi lingkungan
  3. Kurangnya koordinasi antar instansi terkait dalam setiap pelaksanaanpekerjaan
  4. Belum maksimalnya sumber daya yang dimiliki konsultan dan kontraktor baik peralatan maupun tenaga ahli.
  5. Bencana Alam (contoh : Banjir, angin puting beliung dan lain-lain)

Tentunya untuk melihat Peluang Pengembangan Pelayanan Dinas, kita harus melihat kondisi Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan saat ini untuk memproyeksikan pengembangan  Pelayanan untuk lima tahun ke depan antara lain :

  1. Sumber Daya Manusia yang berkualifikasi di bidang teknik. Kualitas tersebut ditandai dengan meningkatkanya kompetensi aparat teknik secara memadai di berbagai bidang dalam lingkup Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan. Komptensi yang dimaksud mencakup kemampuan intelektual, keterampilan dan sikap yang profesional dalam menjalankan tugas dan fungsi bidang teknik dan prasarana pembangunan fisik.
  2. Dengan  pengawasan, monitoring dan evaluasi hasil pelaksanaan pembangunan fisik telah berjalan efektif. Dengan demikian hasil monitoring dan evaluasi tersebut selain menjadi bahan untuk perencanaan fisik berikutnya juga menjadi bahan pengendalian pembangunan fisik agar dapat berjalan secara efektif dan efisien.
  3. Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kota Metro dapat menjadi lembaga yang lebih transpran dan akuntabel dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi pembangunan fisik di daerah. Hal ini ditandai dengan mudahnya masyarakat dan stekeholder untuk mengetahui dan mengakses hasil-hasil pekerjaan fisik
  4. Melaksanakan investigasi terhadap kondisi jalan/jembatan, permukiman, gedung, jaringan irigasi, drainase,  sungai/anak sungai dan lain-lain untuk membuat perencanaan kemungkinan-kemungkinan perencanaan yang lebih baik dan lebih optimal. Ditambah dengan memberikan bimbingan-bimbingan teknis terhadap staf bidang teknis dan bawahannya.
  5. Penataan lingkungan permukiman, pembangunan sarana prasarana air bersih dan gedung.
  6. Mengoptimalkan fungsi jaringan irigasi baik yang sudah ada maupun yang sedang dibangun, serta mengelola daerah rawa dalam rangka pengendalian banjir
 




 


 

 
pZ6IO
 

Indzar Virmansyah 15-06-2012 01:44:51
Assalamualaikum Nama saya Indzar domisili di 16c Mulyojati, Metro Barat, Kota Metro, saat ini saya bekerja di Jakarta, saya dapat info mengenai pendataan e-ktp diwilayah saya dijadwalkan hari ini tanggal 15 Juni 2012 mulai pukul 13.00-17.30, yang sangat


Halaman : 1 Next->
Pencarian Data
Kata Kunci :

Jenis Data :

Statistik Pengunjung
Online : 3 Users
Tot Hits : 1234273 Hits
Hari Ini : 728
Kemarin : 949
Bulan Ini : 26028
Tahun Ini : 308115
Total : 947253
Berita : 165
Artikel : 11
Komentar : 214
Gall Foto : 90
File : 57
Halaman : 132
Jajak Pendapat
Polling Management
Bagaimanakah pendapat anda tentang penyampaian informasi Pemerintah Kota Metro melalui website in
Sudah memenuhi harapan pengunjung
427(24.5%)
TOTAL1741